Mengapa Metode Kasih Sayang Menjadi Pilihan Orangtua?

MENGAPA ORANGTUA HARUS MEMILIH METODE KASIH SAYANG?

by: Sukmadiarti Psikolog


Amru Khalid, dalam bukunya yang berjudul Membangun surga di rumah kita menuliskan bahwa wujud cinta adalah lewat tingkah laku dan perbuatan. Dalam bahasa lain kita bisa mengistilahkannya dengan akhlak.

Siapakah teladan kita dalam hal akhlak?
Ya, betul sekali. Rasulullah SAW diutus untuk memberikan teladan dan menyempurnakan akhlak manusia. Akhlak yang mencerminkan sifat-sifat Allah, salah satunya adalah Rahman dan Rahim, penuh kasih dan sayang.

Kasih sayang inilah kemudian yang menjadi metode Rasulullah SAW dalam mengajak, menyeru, dan menyebarkan nilai-nilai kebaikan pada umatnya. Kasih sayang inilah yang kemudian mampu meluluhkan hati kaumnya yang keras menjadi lembut dan tergerak untuk mengikuti ajaran kebaikan yang beliau sebarkan.

Mengapa orangtua juga perlu meledani metode  kasih sayang dari Rasulullah ini? Jawabnya tentu karena metode ini telah TERBUKTI membawa hasil dan perubahan yang sangat banyak pada kebaikan umat dari zaman dulu hingga masa kini. Tiada keraguan atasnya, bukan. Sejarah telah membuktikannya.

"Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu..." (Qs. Al-Imran: 159).

Anak-anak adalah bagian dari orang-orang yang menjadi amanah orangtua untuk diseru, diajak, dan dibawa pada kebaikan. Allah mengingatkan kita dalam Qs Al-imran:159 di atas bahwa bila kita bersikap keras dan berhati keras pada anak, maka anak-anak akan menjauh dan menghindar dari kita, orangtuanya. Untuk itulah, orangtua harus terus berupaya melembutkan hati pada anaknya dan bersikap penuh kasih sayang dalam mengajak, menegur, dan membawa anak-anak pada kebaikan.

Sebagaimana di awal Amru Khalid telah mengingatkan kita pula bahwa cinta berwujud tingkah laku dan perbuatan. Maka bila benar kita cinta pada anak-anak kita, tentu tingkah laku dan perbuatan kita harus pula mencerminkan akhlak yang terpuji dalam bersikap dan berperilaku kepada mereka. Dengan itu maka anak-anak pun akan merasakan bahwa ia benar dicintai oleh orangtuanya, apapun adanya dirinya.


 www.positiveconsulting.id
#kasihsayang
#konselingkeluarga
#positiveconsulting
#parentingschoolindonesia

0 komentar:

Posting Komentar