Restart Your Life


Salah satu cara yang sering orang lakukan bila kinerja gadgetnya lambat adalah dengan me-RESTART-nya. Tujuannya agar gadget bisa beroperasi dengan lebih maksimal kembali setelah mungkin beroperasi dalam waktu lama dengan beban yang berat. Hasilnya, sesuai harapan, setelah di restart, kinerja gadget pun kembali normal.

💐💐💐

Tidak hanya gadget saja yang butuh di restart, manusia juga butuh di restart ulang. Saat seseorang sedang mengalami titik jenuh dalam hidupnya, ia butuh me-restart ulang dirinya untuk bisa kembali normal dan lebih segar.

Ada kalanya seseorang memasuki titik jenuh dalam hidupnya. Merasa hidupnya datar-datar saja. Tidak ada perubahan yang cukup berarti yang membuatnya lebih bergairah. Ia ingin berubah namun seakan bingung harus bagaimana.

Bila itu yang sedang Anda alami, saatnya untuk me-Restart diri. Memulai ulang menghidupkan diri Anda.

💐💐💐

Apa yang harus dilakukan  saat seseorang ingin me-restart dirinya?Mulailah dengan mengenal diri Anda (konsep diri).

"Barang siapa yang mampu mengenali dirinya, maka ia akan mengenali Tuhan-Nya."

Ada tiga hal yang perlu dipahami untuk mengenali diri kita. Tiga pertanyaan ini akan menjadi kuncinya, yakni:
1. Dari mana manusia berasal?
2. Untuk apa manusia diciptakan?
3. Akan ke mana manusia setelah hidupnya?

💐💐💐

Pertama, Manusia adalah ciptaan Allah, berasal dari Allah.

Semua ciptaan Allah adalah fitrah, baik, suci. Punya potensi unggul yang bisa dioptimalkan sehingga menjadikan dirinya menjadi orang yang bermanfaat.

Menyadari bahwa semua manusia adalah baik dan unggul, jadikan itu sebagai motivasi bahwa diri kita adalah makhluk yang punya keunggulan. Temukan itu dalam diri kita. Cari tau apa passion, hobi, minat kita. Apa yang kita sukai. ApaAyang kita kuasai. Apa kelebihan kita. Jadikan itu sebagai kekuatan untuk berdaya dan membuat diri jadi insan yang berguna.

Kedua, Manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah dan untuk menjadi khalifah (pemimpin) di muka bumi.

Menyadari bahwa kita semua ini adalah ciptaan Allah, maka sudah seharusnyalah kita patuh pada pencipta/bosnya kita. Menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya dengan penuh ketaatan dan keikhlasan.

Dengan menyadari tugas kita di muka bumi, maka kita harus menyiapkan bekal ilmu agar dapat beribadah dengan khusyu dan bisa memimpin diri dan orang lain dengan baik.

Ilmu dapat diperoleh dengan belajar. Belajar dan mengamati dari ciptaan Allah, juga bisa belajar dari ahlinya, buku, dan beragam sumber yang ada.

Ilmu juga membuat cara pandang seseorang dapat berubah. Dari yang negatif menjadi positif. Dari yang buruk menjadi baik.

Jadikan segala aktivitas kita menjadi amal ibadah yang bisa mengantarkan kita menjadi insan yang lebih baik.

Ketiga, manusia kelak akan kembali lagi pada Allah.

Saat kembali pada Allah, manusia akan dimintai pertanggungjawaban akan apa-apa yang telah dilakukannya selama hidup di dunia.

Menyadari bahwa kelak kita harus bertanggung jawab di hadapan Allah, maka setiap manusia hendaknya menyiapkan bekal sebaik-baiknya untuk menghadap Allah.

Mengisi hidup kita dengan kebaikan dan hal yang bermanfaat. Hal ini akan membuat kita tidak lagi lalai dan berleha-leha, tapi terus semangat dan berjuang lebih baik dari waktu ke waktu. Karena hidup hanya sementara. Maka kita harus hidup dengan hebat.

💐💐💐

Setelah merenungkan dan memahami tiga hal di atas secara mendalam, semoga bisa menjernihkan kembali pemikiran kita. Hilangkan kejenuhan yang ada. Mulai lagi hidup yang lebih baik dan terus lebih baik.

Langkah selanjutnya adalah menyusun rencana perbaikan diri.

Ya, menyusun ulang visi misi hidup ini. Baik perbaikan yang akan dilakukan untuk diri sendiri secara pribadi, maupun perbaikan yang akan dilakukan untuk keluarga dan masyarakat yang lebih luas.

Mulai perbaikan dari diri sendiri. Perbaikan pola pikir, ruhiyah, dan amal ibadah kepada Allah.

Selanjutnya adalah membuat perencanaan hidup.

Hiduplah dengan perencanaan. Dengan adanya perencanaan maka kita dapat mengevaluasi rencana yang telah dilakukan atau belum dilakukan, untuk kemudian dapat dilakukan perbaikan lagi dari waktu ke waktu.

Buat perencanaan apa yang akan dilakukan setiap harinya. Apa yang akan dilakukan hari ini, esok, dan seterusnya. Lalu, laksanakan apa yang sudah direncanakan. Kemudian evaluasi pelaksanaannya.

🌹🌹🌹

Setelah itu semua disiapkan, maka kita sudahbisa memulai ulang kehidupan menjadi diri yang lebih baik, insya Allah.

Semoga Allah meridhoi

By: Sukmadiarti Perangin-angin,Mpsi.,Psikolog

#positiveconsulting
#pengembangandiri #pengembangankarakter

0 komentar:

Posting Komentar