Tiga Syarat Menjadi Istri Sholeha


Setiap wanita tentu mendamba gelar istri sholeha. Gelar yang begitu agung dan bisa mengangkat derajat wanita ke tempat yang mulia di surga.

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa "Sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang sholeha."

Seperti apa sih sosok wanita dan istri yang sholeha itu? Sampai-sampai Rasulullah menjadikannya sebagai perhiasan yang terbaik di muka bumi ini.

Rasulullah SAW kemudian menjelaskan bahwa ada tiga kriteria istri yang disebut sholeha.

1. Pertama, Menyenangkan Saat di Pandang

Artinya, Sang istri mampu merawat dirinya dengan baik. Menjaga kebersihan, kerapian dan kecantikannya, terutama untuk memuaskan mata suami.

Pandai berdandan di depan suami, wangi dan harum saat menyambut suami datang, dan rapi dalam berpakaian.

Sehingga saat suami melihat dan berada di dekatnya, suami merasa nyaman, betah, dan tersepona. Ehh maksud saya terpesona.

2. Kedua, Mampu Menjaga Kehormatan Diri

Saat suami sedang tidak di rumah, Sang Istri menjaga kehormatan dirinya. Contohnya, tidak membawa/membiarkan tamu pria masuk ke rumah tanpa seizin suami. Tidak pergi atau ke luar rumah tanpa seizin suami. Begitu pula dalam interaksi secara tidak langsung lewat media sosial, tidak chating atau berhubungan dengan lawan jenis untuk urusan yang tidak perlu/syari.

Selain itu juga menjaga kehormatan diri dengan cara menjaga pikiran, lisan, dan pandangan dari tontonan atau aktivitas yang tercela atau sia-sia.

Istri sholeha akan sibuk mengerjakan aktivitas yang membuatnya semakin bernilai dan manfaat. Membaca buku, silaturahim, ikut kegiatan sosial, majelis taklim, dan sejenisnya. Sehingga waktu dan kesibukannya membuatnya semakin terhormat dan berharga. Tentu dengan itu suami pun akan semakin cinta dan bangga pada istrinya.

3. Ketiga, Menaati Suami

Ciri ketiga dari istri sholeha adalah TAAT pada suami. Apapun perintah suaminya, selama itu tidak melanggar syariat, maka hendaknya dikerjakan dengan ikhlas dan senang hati.

Harga diri suami akan semakin meningkat mana kala ia memiliki istri yang taat dan patuh padanya Dan sebaliknya suami akan merasa kesal dan kecewa, bila Sang Istri lebih sering membantah atau membangkang perintahnya.

Maka istri sholeha adalah wanita yang patuh pada suaminya dan berusaha untuk selalu melayani keperluan suami dengan sebaik-baiknya.

Kalau pun ada uzur, sakit atau sesuatu hal yang menghalangi, sampaikan dan komunikasikan secara santun pada suami. Suami yang baik tentu akan memaklumi.

Itu tadi sudah kita ketahui, tiga syarat yang harus dimiliki seorang wanita agar bisa menjadi seorang istri sholeha idaman suami.

Semoga bisa diaplikasikan dalam kehidupan pernikahan kita. Sehingga mudah-mudahan dengan itu rahmat Allah pun semakin tercurah untuk keluarga kita. Diberikan kebahagiaan, sakinah, mawadah, wa rahmah.

Bukankah ridho Allah terletak pada ridho suami. Yuk raih ridho suamisdengan menjadi istri sholeha.

Amin Ya Rabbalalamin

31 komentar:

  1. Terima kasih ya Bunda sudah mengingatkan. Masih PR juga nih buat saya masalah sedap dipandang. Semenjak punya bocilita jadi malas merawat diri duh. Semoga di kemudian hari bisa berubah lebih baik lagi, aamiin (n_n)

    BalasHapus
  2. Masya Allah terimakasih sharingnya bunda, semoga nanti aku bisa jadi istri yg Sholehah aminn

    BalasHapus
  3. Menaati suami wajib hukumnya. Namun sebagai pengantin baru, kadang saya masih gak terima. Apalagi kalau harus izin segala demi bertemu orang tua saya. Lambat laun saya sadar... Suami adalah kepala rumah tangga yg setelah akad nikah, perannyA menggantikan orang tua dalam menafkahi, mendidik dan membimbing ke arah yg lebih baik lagi. Alhamdulillah saya udah penurut sekarang. Ehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. masya Allah... barakallah mba... setiap aturan yang ada sejatinya ada nilai kebaikan di dalamnya. hanya kadang kita aja yang belum memahaminya. mudah2an dengan mencoba jalan sesuai panduan Allah dan rasulnya, rumah tangga pun semakin barokah

      Hapus
  4. Terima kasih sudah mengingatkan akan makna istri solehah Bunda. Semoga saya bisa menjadi istri yang terbaik bagi suami.. Amiin.

    BalasHapus
  5. Nambahin mbak menjaga nama baik suami dan hartanya saat suami tidak ada. Hehe makasi ya mbak ilmunya jadi mengingatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba itu masukkan di pon menjaga kehormatan diri ya.. makasi mba

      Hapus
  6. Semoga kita bisa menjadi sebaik-baik perhiasan dunia itu, ya, Mba. Aamiin

    BalasHapus
  7. makasih mbak sudah mengingatkan kembali tentang istri shalihah, semoga kita semua menjadi istri-istri yang shalihah..aamiin

    BalasHapus
  8. Makasih remindernya mba kadang kita lupa bahwa ada beberapa kriteria istri Solehah

    BalasHapus
  9. kalo istri yang suka diskusi dengan suami gimana Bun? yaa kadang ampe berdebat sih, tapi abis itu mesra lagii, xixixiiiii. intinya diskusi untuk mendapatkan titik temu secara bersama, duduk bersama, saling mendengarkan, saling mencermati dan memberi saran serta masukan satu sama lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. diskusi bagus dong, asal gak pakai urat mah diskusinya akan menambah cinta bagi keduanya. kalau udah pakai urat mah bubar deh, hehe

      Hapus
  10. Menjadi istri shalihah memang dambaan setiap muslimah ya bund. Saya pun mendambanya namun ternyata untuk menjadi sebaik2 perhiasan yang paling indah di dunia ini tidaklah mudah. Thanks sudah mengingatkan lewat postingan ini mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba tidak mudah,,, untuk itu kita butuh ppertolongan Allah agar dimudahkan ya.

      Hapus
  11. Sepertinya ketiga poin ini mudah, namun tidaklah mudah menerapkan dalam kehidupan sehari-hari ya mbak. Menjadi istri yg memasuki usia 17 tahun pernikahan ..saya masih terus belajar tuk menjadi istri solehah. Semoga kita semua masuk dalam golongan ini. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin bunda... semoga Allah membantu kita ya

      Hapus
  12. Istri salihah mah impian saya sejak baru menikah sampai sekarang. Rasanya masiiih ada yang kurang untuk mencapai gelar itu. Terima kasih sudah mengingatkan ya, Mbak :)

    BalasHapus
  13. Wah mksh mbak info ttg istri solrhah ..smg kita termasuk di dalamnya. Aamiin...
    Btw komunikasi mmg penting y mb spy semua lncar tak ada slh phm diantara pasangn suami istri. Thx y sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba komunikasi itu penting... komunikasi penuh cinta... dengan bahasa cinta.. hasilnya cinta bersemi semi, cie...

      Hapus
  14. Semoga bisa selalu memantaskan diri untuk jadi istri sholihah ...aamiin...

    BalasHapus
  15. Semoga kita bisa menjadi istri sholehah dambaan suami, tapi kadang saya masih suka sering membantah mbak sm suami hihihi tp terus berusaha menjadi istri sholehah .

    BalasHapus
    Balasan
    1. suami butuh di taati, istri butuh dicintai...memahami itu kita jadi tau harus bagaimmana bersikap bijak dihadapan suami... semua karena cinta, ihiiiy

      Hapus
  16. Aaminn ..memang berat tapi tidak ada salahnya untuk belajar ya mbak jadi istri Solehah.

    BalasHapus