Memulai Perubahan Dari Diri Sendiri



Sebel deh, pasanganku nggak mau berubah!

Sering ya, kita mendengar keluhan seperti itu hadir di tengah-tengah kita, bahkan kadang kata-kata itu keluar dari diri kita sendiri.

Hellooo....
Dunia di luar diri kita adalah sesuatu yang bukan jangkauan kita untuk mengubahnya.
Maunya kita ya orang lain bisa berubah, bisa diatur dan dikendalikan seperti maunya kita. Faktanya, itu sulit, tidak muda, dan cenderung mustahil.


Yang bisa diubah dengan segera adalah sesuatu yang berada dalam jangkauan kita sendiri. Yaitu diri kita, hati, pikiran, dan perasaan kita sendiri. Itu yang bisa kita ubah, atur dan kendalikan.


Maka sebelum berharap orang lain berubah, pastikan kita sudah berubah terlebih dahulu. 

Apanya yang diubah? 
Semuanya 😊

Pola pikir, cara menilai diri sendiri, menilai orang lain, memaknai setiap peristiwa dan segala hal yang berada dalam kehidupan kita. 

Perubahan pola pikir itu akan membuat sikap dan pola perilaku kita terhadap orang lain pun akan berubah. Kita tidak lagi menjadi mudah berprasangka buruk, lebih menerima kekurangan orang lain, muda memaafkan, lebih banyak bersyukur atas setiap pemberian, sabar saat menjalani kesulitan, dan menjadi lebih bahagia. 

Orang lain di sekeliling kita akan merasakan perubahan yang terjadi pada diri kita. Mereka akan melihat, merasakan, dan menilai bahwa kita telah berubah menjadi sosok dan pribadi yang nyaman dan menyenangkan. Hasilnya, mereka pun akan senang dan semakin nyaman berinteraksi dan menjalin hubungan dengan kita.

Termasuk halnya dalam hubungan dengan pasangan dan anak dalam ruang lingkup keluarga. Ingin memiliki pasangan yang lebih baik, maka jadikan diri kita lebih baik terlebih dulu. Melayani pasangan dengan baik, membuatnya nyaman bersama kita, mendoakannya, dan membahagiakannya. Begitu pula dengan anak, ingin anak jadi berkarakter positif, maka orangtua harus lebih dulu menampilkan karakter positif saat berhubungan dengan anak. Sehingga anak pun merasa nyaman bersama orangtuanya.


Untuk mengubah dunia, mulailah dari diri sendiri terlebih dahulu dan kemudian perubahan besar akan terjadi dam kehidupan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar