Usia Ideal Anak Masuk Sekolah



Usia ideal untuk anak masuk sekolah dasar adalah 7 tahun. Di usia 7 tahun, anak-anak sudah lebih siap dan matang baik secara fisik, kognitif, dan psikologis.

Jika kemudian orang tua ingin membekali anak-anaknya untuk sekolah lebih dini, maka sebaiknya mengurangi dari usia standar 7+ tahun. Misal, jika ingin memasukkan anak ke TK,  maka idealnya di usia 5+ tahun. Sehingga lulus pendidikan TK selama dua tahun, ananda sudah masuk di usia 7 tahun.

Jika ingin membekali ananda dengan sekolah yang lebih dini lagi, misal paud atau play group, maka dapat dimulai pada usia 4 tahun.

Sebaik-baik pendidikan bagi anak adalah dari Ibunya, dari orang tuanya. Figur yang paling dekat dengannya. Secara psikologis anak-anak akan merasa lebih nyaman belajar dam bersama orang tua, khususnya Ibu, di usia dininya. Kebersamaan ini akan memberikan manfaat lebih besar bagi perkembangan ananda.

Jika ibu bisa full bersama anak di rumah maka maksimalkanlah dengan beragam kegiatan yang positif. Namun jika pun tidak bisa karena bekerja atau hal lain, maka sebisa mungkin tetap memiliki waktu yang berkualitas bersama anak.

Ada banyak pertimbangan orang tua menyekolahkan anaknya di usia dini. Salah satunya adalah ingin anak mendapat stimulasi dan lingkungan yang baik untuk tumbuh kembang ananda.

Ada pula yang karena alasan bekerja. Orang tua lebih memilih menitipkan anak di sekolah dibanding di rumah dengan pengasuh. Sehingga bisa mendapat lingkungan dan stimulus lebih baik.

Persoalan yang sering muncul jika menyekolahkan anak terlalu dini biasanya berkaitan dengan kesiapan mentalnya. Anak-anak belum siap secara mental dengan lingkungan dan orang-orang baru di sekolah. Seringnya anak merasa tidak nyaman atau tantrum saat di sekolah.

Barangkali memang dari sisi intelektual anak terlihat siap dan sudah mulai mengerti pelajarannya, misal sudah bisa berhitung, baca, atau lainnya. Tapi kita juga perlu memperhatikan kesiapan pada sisi lainnya, bukan.

Hal inilah yang penting untuk dipersiapkan para orang tua sebelum menyekolahkan anak di usia dini. Menyiapkan mental anak agar merasa senang dan nyaman saat akan  bersekolah nantinya.

Orang tua bisa sejak dini bercerita tentang senangnya bersekolah, banyak teman, mainan, dan guru-guru yang baik dan penyayang. Orang tua juga bisa mengajak anak survei ke lokasi sekolah sehingga ia tidak merasa asing dengan lingkungannya.

Usahakan di hari-hari pertama masa sekolahnya nanti, anak merasa senyaman mungkin untuk penyesuaian awalnya di sekolah, dengan teman dan gurunya. Orang tua sebisa mungkin menyediakan waktu untuk mendampingi putra/putrinya di masa-masa awal sekolah.

Kenyamanan anak di awal masa sekolah akan membuatnya lebih cepat beradaptasi dan menikmati waktunya di sekolah. Sehingga bisa mengikuti kegiatan di sekolah dengan baik dan senang.

Sukmadiarti Perangin-angin, M.Psi, Psikolog
CEO Positive Consulting
Pendiri Parenting School Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar