Upaya Yang Dilakukan Saat Anak Bermasalah


Saat anak "bermasalah" coba perbaiki dulu hubungan orangtua dan anak. Tidak usah dulu menuntut apapun dari anak. Nilai buruk, gak mau ngaji, suka membantah, coba abaikan dulu.

Fokus perbaiki hubungan dulu saja. Fokus sayangi anak. Fokus melihat kebaikan anak. Barangkali selama ini orangtua hanya fokus pada kekurangan anak saja sehingga yang terjadi adalah sesuai dengan apa yang menjadi fokus orangtua.

Saatnya ubah fokus orangtua dari melihat dan menghakimi kekurangan anak beralih dengan fokus melihat dan mengapresiasi kebaikan apapun yang dilakukan anak.

Bisa dipahami ya?
Karena Allah sesuai prasangka hamba-Nya.
Kalau orangtua saja tidak ridho pada anaknya, bagaimana lagi dengan Allah.
Bukankah ridho Allah terletak pada ridho orangtua.

Jadi kalau orangtua menginginkan anak berubah lebih baik, pertama sekali orangtua harus membuat dirinya  ridho dulu pada anaknya.

Salah satu cara membuat diri orangtua semakin ridho pada anaknya adalah dengan mengubah fokus orangtua dari yang selama ini fokus melihat kekurangan bergabti dengan fokus melihat kebaikan anak. 

Kalau pun pada prakteknya masih ada yang belum baik pada anak, yang hendaknya orangtua lakukan adalah perbanyak istighfar. Mohon ampun pada Allah dan terus perbaiki lagi hubungan dengan anak,  bukan dengan terus menghakimi, menyalahkan atau menghukum anak.

Tunjukkan pada anak bahwa orangtuanya menyayanginya dengan tulus. Walau anak tak luput dari kekurangan. Ketulusan hati orangtua pada akhirnya akan mampu melembutkan hati anak menjadi lebih baik.

Bunda Sukma
#parentingschool
#positiveconsulting

0 komentar:

Posting Komentar