Ubah Cara Berpikir Untuk Raih Bahagia


Maha Suci Allah

Allah sesuai dengan persangkaan hamba kepada-Nya. Bila seorang hamba berpikir bahwa setiap yang hadir dalam hidupnya adalah kebaikan maka ia skan mampu fengan bijak menyikapinya.

Peristiwa yang baik ataupun buruk baginya sama baiknya. Karena ia sadar bahwa Allah yang ijinkan hal itu terjadi. Pemikiran yang baik pada Tuhan-Nya membuat seseorang jauh dari berkeluh kesah dan bisa menerima dengan IKHLAS apapun yang terjadi.

Persangkaan baiknya pada Allah membuatnya mampu bersyukur dan sabar saat diberi nikmat maupun ujian. Sehingga ia bisa selalu merasa BAHAGIA dalam semua kondisi hidup yang dijalani.

🌹🌹🌹

"Allah tidak akan mengubah nasib kita, sebelum kita mengubah diri kita sendiri." Firman Allah dalam Qs : Ar-rad : 11 ini menjadi ayat penuh motivasi bagi setiap orang yang ingin hidupnya lebih baik.

Jika ingin hidup erubah lebih baik maka harus mulai perubahan itu dari diri sendiri terlebih dahulu.

Apa yang harus diubah?
Yang diubah salah satunya adalah CARA PIKIR DAN SIKAP seseorang dalam memandang segala peristiwa.

Berbaik sangka, berpikiran postif, bersikap tenang, dan tetap dalam kebaikan. Baik itu ketika diberi nikmat maupun saat diberi ujian yang membuat dirinya tidak nyaman. Ia tahu dan menyadari bahwa semua yang datang adalah KEBAIKAN yang Allah hadirkan untuknya.

Diberi nikmat bila tidak disyukuri justru bisa jadi keburukan bagi dirinya. Bisa jadi sombong, istidraj, dan semakin ingkar pada TuhanNya.

Sebaliknya sata diberi ujian bila disyukuri bisa menjadi kebaikan untuk seseorang. Bertambah dekat pada Allah, banyak beramal sholeh, evaluasi diri dan taubat, sehingga semakin mendatangkan banyak kebaikan untuk dirinya lewat ujian yang ada.

Maka cara seseorang memandang setiap peristiwalah yang membuat peristiwa baik/buruk itu menjadi ANUGERAH ataukah Malapetaka baginya.

Seseorang yang baik akan mampu untuk selalu berbaik sangka pada Allah, berbaik sangka pada sesama, dan berbaik sangka pada dirinya sendiri.

Seseorang yang diliputi dengan Pikiran yang baik dan positif akan  memudahkannya untuk mengundang banyak kebaikan dan bahagia datang dalam dirinya.

Sebaliknya pun begitu, bila hati dan pikiran seseorang dipenuhi buruk sangka, penyakit hati, maka sama halnya mengundang keburukan-keburukan satu dan lainnya hadir dalam kehidupannya.

Albert Einsten mengatakan bahwa "Dunia yang kita ciptakan adalah hasil proses pikiran kita. Hal itu tak dapat diubah tanpa mengubah PIKIRAN kita sendiri."

Jadi, apa yang kita terima dan rasakan saat ini adalah Buah dari Pikiran kita yang telah lalu. Sehingga bila kita ingin mengubah hidup kita, maka kita harus mengubah cara berpikir kita. Berpikir yang lebih baik, positif, dan membahagiakan untuk kebahagiaan diri sendiri.

Bila seseorang bisa bahagia maka kebahagiaan itu pun akan mengalir pada orang-orang di sekelilingnya. Dan kebahagiaan itu akan mampu mengundang kebaikan dan kebahagiaan lainnya dalam kehidupan.

Think Positive and Be HAPPY

By: Sukmadiarti Perangin-angin, M.Psi


0 komentar:

Posting Komentar