Berdamai Dengan Masalah

 



Bermasalah yang sebenarnya itu adalah ketika kita mengira bahwa penyebab dari masalah kita adalah orang atau kejadian di luar kita. Saat kita merasa menjadi korban, disitulah letak masalah kita sehingga kita jadi bermasalah.


Bermasalah seperti apa? Karena akhirnya kita jadi keliru dalam menyikapi masalah yang ada. Sebab kita masih berpikir bahwa orang lainlah penyebab kita jadi bermasalah. 



Mari kita sejenak merenung dan menyadari. Sejatinya, masalah yang kita hadapi bukanlah semata karena kesalahan yang orang lain lakukan pada kita. Tapi karena memang Allah kehendaki itu terjadi untuk kita. Pelaku atau kejadian-kejadian yang menyertainya hanyalah perantara Allah saja yang berperan sebagai pengirim pesan untuk kita baca dan sadari.


Misal, saat kita menghadapi masalah dengan anak, pasangan, pekerjaan atau kesehatan. Sepintas kita akan menyalahkan  dan menjadi kecewa karena masalah yang timbul. Perasaan kita jadi tak nyaman.


Beda halnya saat kita berusaha menerima semua masalah itu dan menjalaninya dengan ridho, karena meyakini bahwa semua ini Allah yang ijinkan terjadi. Semua permasalahan tadi akhirnya menjadi lebih ringan dihadapi. 


Mengubah sudut pandang kita atas masalah akan mampu membuat perasaan kita saat menghadapi masalah itu pun akan berubah seketika. Yang awalnya kecewa, sedih, putus asa, bisa berganti menjadi rasa tenang dan  syukur yang mendalam. 


Sebagaimana saat tubuh kita sedang sakit, dokter memberikan kita obat yang pahit agar kondisi kita bisa pulih kembali. Begitu pula halnya Allah, ketika jiwa, hati kita sakit, Allah berikan kita obat yang pahit, yakni masalah-masalah, untuk mendetoks kembali hati kita, menggugurkan dosa kita yang lalu, dan memurnikan lagi cinta kita padaNya. 


Maka bersyukurlah kita atas masalah yang tengah kita hadapi, karena semua itu adalah bentuk kasih sayang Allah. Sebagaimana kita berterima kasih pada dokter yang memberi kita obat pahit sekalipun karena tahu dan sadar betul bahwa  obat yang pahit itu baik untuk tubuh kita.


Nikmati sajian obat yang Allah berikan pada kita dengan hati yang tenang, lapang dan penuh keridhoan. Masalah pun tak lagi jadi masalah saat hati kita ridho menjalani dan senantiasa berserah diri sepenuhnya kepadaNya.


Ucapkan, alhamdulillah 😇


Nb. Layanan Konseling Online

Wa 081362359651

#berdamaidenganmasalah

#happycounseling

0 komentar:

Posting Komentar