Berdoa Adalah Bagian Dari Ibadah



Berdoa termasuk bagian dari ibadah kepada Allah SWT karena dengan berdoa maka seseorang dapat menetapkan hati dan dirinya secara sadar untuk HANYA BERGANTUNG PADA ALLAH.

Dengan berdoa membuat orang secara sadar dan tulus merendahkan dirinya di hadapan Allah SWT. Ia meminta, berserah, tawakkal, dan pasrah pada Allah saja.

🌺🌺🌺

Bukankah syirik itu dosa besar?
Ketika seseorang menggantungkan diri dan harapannya pada selain Allah maka ia termasuk telah berbuat syirik.

Pada prakteknya, tanpa sadar seringkali manusia menggantungkan harapannya pada selain Allah.

Ada yang mengganggap bahwa uang, materi, dan harta bisa membuatnya menjadi bahagia. Sehingga pada saat hartanya terbatas, pendapatan keluarganya "minim", ia tidak mampu beli ini dan itu seperti yang orang lain lakukan, ia menjadi tidak bahagia.

Ada pula yang menggantungkan harapannya pada jabatan dan kekuasaan. Ia merasa bahwa dengan adanya jabatan membuat diri dan hidupnya menjadi mulia dan berharga. Sehingga tak jarang ada penguasa yang menjadi otoriter karena merasa berkuasa atau barangkali menjadi frustasi manakala tak lagi menjabat.

Ada pula yang menggantungkan harapannya pada relasi, pasangan, anak, usia, dan lainnya, menganggap bahwa semua itu bisa membuatnya bahagia. Sehingga pada saat hal-hal tersebut tidak ia dapati sesuai harapannya, ia menjadi kecewa dan terluka.

Maka sungguh benarlah bahwa DOA adalah ibadah. Karena dengan seseorang berdoa maka lepaslah ketergantungannya pada selain Allah. Hanya kepada Allah sajalah ia akan bergantung, berharap, memohon dan meminta.

Dengan berdoa, setiap orang akan bahagia. Karena satu keyakinan bahwa Allah tidak akan pernah mengecewakan hamba-Nya.

Tempat yang paling tempat untuk bergantung dan berserah hanyalah pada Allah. Allah tahu apa yang terbaik bagi setiap hamba-hambaNya.

Apapun keinginan, harapan, dan impian kita, sampaikanlah dan pintalah pada Allah dengan sepenuh hati, setulus jiwa, dan segenap pengharapan kepada-Nya.

Tiada daya dan kekuatan kota kecuali atas pertolongan Allah Ta'ala.

Selamat Menjalankan ibadah sholat zuhur. Doakan saya ya 😊

#ramadhanproduktif

0 komentar:

Posting Komentar