Bakat Bukan Jaminan Kesuksesan Anak


Angela Duckworth dalam bukunya yang berjudul GRIT memaparkan bahwa bakat bukanlah jaminan untuk sukses dan bahagia. Anak atau seseorang yang memiliki bakat dibidang tertentu, belum tentu bisa sukses di bidangnya tersebut. Sebaliknya, seseorang yang walau tidak memiliki bakat di suatu bidang tetap berpeluang untuk meraih sukses.

Apa yang membuat hal itu bisa terjadi?
Ternyata jawabannya adalah KETABAHAN. Ketabahan adalah gabungan dari Hasrat dan Kegigihan.

Pepatah lama mengatakan "Dimana ada kemauan, di situ ada jalan." Pepatah  ini mendukung temuan Angela bahwa memiliki bakat saja tidak cukup untuk jaminan sukses.  Untuk meraih sukses dibidangnya, seseorang harus memiliki kemauan dari dalam dirinya juga kegigihan untuk memperjuangkan kemauannya tersebut menjadi nyata.

Artinya, setiap orangi bisa meraih sukses pada bidang yang ia tidak berbakat sekalipun, asalkan ia punya kemauan/hasrat untuk sukses di bidang tersebut dan gigih dalam memperjuangkannya.

Pantang menyerah. Terus berusaha. Lalukan yang terbaik. Pepatah lain mengatakan "Ala bisa karena biasa." Ya, semakin sering suatu pekerjaan kita lakukan dan tekuni, maka akan semakin paham dan terlatihlah kita dalam melakukannya. Sehingga semakin lama akan menjadi semakin ahli. Inilah yang sering disebut dengan JAM TERBANG menentukan kesuksesan. Semakin tinggi jam terbang seseorang pada bidangnya, maka semakin terlatih dan baiklah ia menguasai bidang tersebut.

Untuk bisa memiliki jam terbang yang tinggi maka seseorang HARUS FOKUS. Fokus memilih bidang/usaha/pekerjaan apa yang ingin ia tekuni. Belajar dan berusaha terus menjalankannya. Dari tidak tahu sampai kemudian menjadi ahli dan sukses di bidang tersebut. Baru setelah itu, ia bisa mengembangkan diri lagi pada bidang lainnya yang tentunya masih sejalan dengan bidang keahlian yang pertama. Jadi bisa saling mendukung kesuksesan satu dengan kesuksesan lainnya lagi.

🌹🌹🌹

Ayah Bunda, begitulah kiranya semoga bisa meluruskan pemahaman kita sebagai orangtua. Bahwa yang dibutuhkan untuk sukses bukanlah sekedar bakat. Tapi lebih dari itu yang diperlukan utama adalah Hasrat dan Kegigihan. Tanpa itu, maka walau memiliki bakat sekali pun, hasilnya tidak akan maksimal.

Tugas kita selanjutnya sebagai orangtua adalah mendukung anak-anak kita pada bidang yang ia sukai, meluruskan dan menguatkan niat dan kemauan anak, dan memotivasinya untuk terus berjuang, gigih dan pantang menyerah dalam mengembangkan dirinya pada bidang tersebut.

Apapun bidang yang dipilih ananda, semuanya akan bisa membawa kesuksesan pada dirinya, asalkan ia memiliki kemauan kuat dan kegigihan dalam menjalankannya.  Berikan kesempatan anak untuk mencintai dan memaksimalkan potensinya ada bidang yang ia sukai. Selama pilihannya baik, halal, dan sejalan dengan agama, biarkan mereka berkembang.

Karena melakukan sesuatu yang kita sukai adalah kunci awal kesuksesan. Memaksa anak melakukan hal yang tidak ia sukai akan menghambat atau memperlambat kesuksesan dan bisa merenggut kebahagiaannya.

🌹🌹🌹

Raih sukses dengan kemauan yang kuat dan kegigihan menjalankannya.

Salam Sukses
Bunda Sukmadiarti, M.Psi

#parentingschool #orangtuabelajar

0 komentar:

Posting Komentar