Konsultasi

Selective Focus Photography of Child's Hand on Person's Palm

Assalamualaikum....
Bunda sukma. Saya mau minta resep, bagaimana caranya bersahabat dgn diri dan hati ini. Anak saya susah dibilangin. Kalau dibilangin suka membantah dan menjawab.

Jawab

Terima kasih pertanyaannya, Bunda yang cantik dan salihah.

Alhamdulillah, pertama sekali rasanya kita sebagai orangtua perlu bersyukur bila mendapati ada perilaku anak yang menguras emosi. Itu tandanya, Allah mau melatih orangtuanya untuk belajar bersabar. Bunda tau kan, pahala sabar itu, bueesar 😊

💝💝💝

Anak menjawab atau membantah saat dinasehatin, juga lagi-lagi harus bersyukur. Alhamdulillah, itu tandanya daya kritis dan kemampuan berpikir anak sudah berkembang.

Artinya, orangtua harus mulai evaluasi caranya memberi nasehat. Karena sepertinya, cara lama sudah tidak efektif. Maka gunakan cara lainnya, misal dengan dialog atau komunikasi dua arah.

Penting juga bagi orangtua untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk memberi nasehat pada anak. Ada empat waktu terbaik dalam memberi nasehat agar mudah diterima oleh anak, yakni saat sakit, perjalanan, makan, dan jelang tidur.

Memilih waktu dan cara yang tepat dalam memberi nasehat akan memberi efek yang lebih bermakna dan tepat sasaran.

💝💝💝

Berdamai dengan hati?
Insya Allah bila sudah paham ilmunya seperti di atas tadi, orangtua sudah nggak baperan lagi, nih, dengan perilaku anak. Karena ternyata bukan anaknya yang bermasalah, tapi orangtua yang belum paham ilmu menghadapi anak. Bersyukur lagi nih sekarang, sudah tambah ilmunya, ya.

💝💝💝
Sebagai tambahan, hindari label negatif pada anak. Di pertanyaan, Bunda melabel Ananda dengan kata "susah dibilangin."

Nah sekarang, sudah tau ya bahwa ternyata bukan anak susah dibilangin, tapi cara bilanginnya yang mungkin masih kurang tepat.

Jadi sebaiknya hindari kalimat negatif pada anak maupun saat mengungkapkan perilaku anak. Mengganti kalimat negatif dengan kalimat positif akan jauh lebih baik bagi psikologis ibu dan buah hati. Nah, ini juga bisa menjadi solusi untuk bersahabat dengan hati.

Demikian ya. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar